Bahaya Game Online Bagi Anak, Merubah Gaya Hidup Pada Anak

Bahaya Game Online Bagi Anak, Merubah Gaya Hidup Pada Anak

Game online memang sangat menyenangkan untuk dicoba, karena karakter pada game dan kesruan misi yang menciptakan andrenalin tertantang tidak jarang bisa membuat orang kecanduan. Apalagi pada anak-anak, game online mudah sekali membuat anak-anak menjadi kecanduan.

Bahaya Game Online Bagi Anak, Merubah Gaya Hidup Pada Anak

Anda harus memperhatikan beberapa dampak buruk game online bagi anak Anda. Agar sikecil tidak kecanduan dengan game, dan merusak fokusnya dalam belajar, berkembang, dan bersosialisasi dengan sekitarnya. Berikut informasi lengkap yang sudah kami tuliskan dibawah ini!

Bahaya Kecanduan Game Online Pada Anak, Merubah Gaya Hidup Pada Anak

Bahaya Kecanduan Game Online Pada Anak

  • Gangguan kesehatan

Main game online pada handphone / komputer bisa merusak kesehatan tubuh dan mata. Radiasi yang ada dari handphone jika berada didepan layar terlalu lama bisa menjadikan kesehatan tubuh si kecil terganggu. Yang paling sering terjadi biasanya adalah gangguan mata. Jika sejak kecil sudah terbiasa terlalu lama menatap layar handphone, di usia belasan tahun biasanya sudah harus memakai kacamata.

  • Prestasi disekolah menurun

Apabila anak sudah dalam tahap kecanduan game, mereka akan melakukan segala cara untuk bisa bermain game. Akibatnya, banyak anak yang tidak fokus ketika menyerap pelajaran di kelas, malas belajar, hingga berani bolos sekolah. Berbagai hal tersebut berujung pada penurunan prestasi akademik anak di sekolah.

Baca Juga : https://www.swirlsofnoise.com/bahaya-download-game-online-gratis/

  • Masalah komunikasi

Tidak hanya kemampuan bersosialisasi saja yang bermasalah, anak yang kecanduan game juga akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Kegiatan berkomunikasi bukan hanya sekadar mendengarkan dan memberi respons perkataan orang lain, tapi juga termasuk membaca ekspresi lawan bicara. Anak yang kurang bersosialisasi biasanya kesulitan melakukan hal ini.

  • Tingkah laku menjadi agresif

Anak yang sudah kecanduan main game online, tingkah lakunya bisa berubah menjadi agresif. Apalagi permainan game online sekarang menyediakan fitur chat dan voice note. Sehingga disana mereka yang bermain game bisa berkomunikasi dengan mudah. Kita ambil contoh permainan mobile legends, sering kali dalam permainan ini pemain berkata kasar dan tidak sopan. Nah pergaulan dari game online yang seperti ini, sangat berpotensi mengubah tingkah laku anak-anak menjadi tempramental & berani untuk marah-marah.